Sabtu, 01 November 2014

Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas-PTK 1

Judul Penelitian         :     Peningkatan kemampuan anak dalam pembagian dengan menggunakan alat peraga untuk siswa Kelas II Sekolah Dasar. ( Penelitian tindakan kelas pada pembelajaran pembagian di Kelas III SD Negeri 4 Purwojati Kecamatan Purwojati-Banyumas
Bidang Kajian                   :     Penggunaan alat peraga
Pendahuluan
Pada hakekatnya Matematika merupakan Ilmu Deduktif yang Abstrak, sedangkan anak usia Sekolah Dasar relatif berada pada pemikiran konkret dengan kemampuan yang bervariasi, sehingga strategi dan pendekatan psikologis sebagai jembatan sementara adalah salah satu alternatifnya. Dengan perkembangan berpikir anak-anak usia Sekolah Dasar yang relative masih konkret ditambah keanekaragaman intelegensinya serta jumlah populasi siswa SD yang besar dan ditambah lagi dengan Wajib Belajar 9 Tahun, maka faktor-faktor ini harus diperhatikan agar proses pembelajaran Matematika di SD dapat berhasil.
 Matematika bagi siswa SD berguna untuk kepentingan hidup dalam lingkungannya, untuk mengembangkan pola pikirannya, untuk mempelajari ilmu-ilmu yang kemudian. Manfaat Matematika bagi para siswa SD adalah sesuatu yang jelas yang tidak dipersoalkan lagi, leih-lebih pada era pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini. Dan materi yang dipelajari siswa SD harus tercantum dalam Kurikulum Matematika SD yang berlaku saat ini yaitu Kurikulum KTSP 2006. Namun tidak ada salahnya kita mengantisipasi dengan materi-materi yang kemungkinan berkembang di kemudian hari sebagai tuntutan IPTEK.
 Dan topik Aritmatika adalah satu-satunya topik kajian inti Matematika dalam GBPP Matematika SD 1994 yang diajarkan pada setiap Caturwulan / Semester mulai dari Kelas I sampai dengan Kelas VI dengan jumlah jam terbanyak yang diajarkan secara berkesinambungan.
 Pembelajaran yang terdapat dalam Aritmatika terdiri dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dan materi Aritmatika yang akan kita bahas dalam penelitian ini adalah tentang pembagian. Karena materi pembagian dapat dikategorikan sebagai materi yang cukup suka, maka diperlukan pemahaman yang cukup tinggi, dengan demikian seorang Guru dalam mengajar pembagian harus menyajikan materi awal secara konkret dan dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga siswa dapat memahami materi dengan mudah.
 Jadi kesimpulannya bahwa tahap kemampuan berpikir anak usia Sekolah Dasar harus dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat nyata. Untuk memudahkan siswa dalam mempelajari pembagian. Dalam pembelajarannya diperlukan alat-alat peraga yang ada di sekitar mereka.
 Keahlian guru dalam mengelola kelas juga sangat diperlukan seorang guru karena keterampilan tersebut dapat pula menentukan keberhasilan dalam pembelajaran. Dan kesulitan yang dialami siswa pada saat mempelajari materi pembagian disebabkan karena siswa tidak memiliki kemampuan prasyarat atau tidak dipelajari secara berurutan. Berdasarkan temuan tersebut, maka Peneliti berinisiatif untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengurangi kesulitan yang dialami siswa dalam mempelajari pembagian. Dan pemecahan masalah yang dilaksanakan oleh Peneliti adalah dengan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran pembagian.
 Perumusan dan Pemecahan Masalah            
Perumusan Masalah
Permasalahan yang akan diteliti oleh Peneliti adalah penggunaan alat peraga apa yang dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menyelesaikan soal pebagian untuk siswa Kelas II Sekolah Dasar. Masalah tersebut dijabarkan kedalam rumusan yang lebih khusus yaitu :
  1. Mengapa banyak siswa tidak memahami pembagian ?
  2. Bagaimana pemahaman siswa Kelas II Sekolah Dasar dalam pembelajaran pembagian ?
  3. Bagaimana siswa Kelas II Sekolah Dasar menerapkan pemahaman pembagian dalam pemecahan masalah dengan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran ?
  4. Bagaimana hasil pembelajaran materi pembagian dengan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran ?
 Pemecahan Masalah
Untuk memecahkan masalah  tersebut akan dilaksanakan tindakan kelas terdiri dari siklus yang menggunakan alat peraga yang berbeda pada setiap pembelajaran.
Tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang ingin dicapai. Tahap Penelitian Tindakan Kelas terdiri atas (1) Persiapan program (Planning), (2) Pelaksanakan tindakan (Action), (3) Pengamatan kegiatan pembelajaran (Observation), (4) Evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran (Evaluation), dan (5) Refleksi (Reflection) dalam setiap siklus dengan berpatokan pada refleksi awal.
 Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan pemahaman siswa pada materi pembagian dari hasil pembelajaran yang selama ini dilaksanakan.
 Secara khusus penelitian ini berupaya untuk :
  1. Membantu siswa Kelas II Sekolah Dasar dalam memahmi materi pembagian dengan menggunakan benda-benda konkret yang ada disekitar mereka.
  2. Membantu siswa Kelas II Sekolah Dasar dala mengaplikasikan pemahaman pembagian dalam pemecahan masalah.
  3. Siswa memperoleh hasil yang maksimal dari pembelajaran pembagian dengan menggunakan alat peraga atau benda-benda konkret yang ada disekitarnya.
 Manfaat Hasil  Penelitian
Manfaat dari hasil penelitian bagi siswa yaitu :
-          Siswa dapat memahami dari fakta dasar pembagian,
-          Sebagai sarana untuk mengembangkan pengetahuan siswa,
-          Dapat membuka cakrawal berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah secara luas dengan alat bantu matematika.
Dari hasil penelitian ini bermanfaat juga bagi Peneliti dan teman sejawat yaitu, mereka menjadi tahu tehnik-tehnik yang dapat dilaksanakan dalam pembelajaran supaya pembelajaran dapat berhasil dengan baik. Sedangkan manfaat bagi Sekolah dari hasil penelitian tersebut yaitu tercapainya standarisasi pembelajaran khususnya kelas yang dijadikan subjek penelitian.
 Kajian Pustaka
Menurut Buku Matematika Kelas II, Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas II, Karangan Bambang Sutrisno, Halaman 160.
“Pembagian merupakan pengurangan berulang”
 Menurut Buku Referensi, Pembagian yang Mempesona Karangan Lynette Long, Halaman 7.
“Pembagian sebagai pengelompokan adalah proses membagi sesuatu menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok mempunyai nilai yang sama.”Halaman 9.
“Pembagian merupakan pengurangan berulang adalah proses yang pengerjaannya dilakukan dengan berulang kali mengurangi bilangan yang dibagi dengan bilangan pembagi sampai memperoleh 0”.Halaman 12
“Pembagian sebagai kebalikan perkalian yang berarti perkalian merupakan penjumlahan yang berulang, sedangkan pembagian merupakan pengurangan berulang.”
 Prosedur Penelitan
  1. Setting Penelitian
Tempat:  Kelas II SD Negeri SD Negeri 4 Purwojati Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas
Subjek Penelitian:   Siswa Sekolah Dasar sebanyak 12 siswa
Fokus Penelitian:  Proses pembelajaran pembagian di Kelas II Sekolah Dasar
  1. Langkah Penelitian
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemahaman siswa Kelas II Sekolah Dasar terhadap materi pembagian.
Persiapan
  1. 1.      Permintaan izin Kepala SD Negeri 4 Purwojati
Permintaan izin diperoleh dengan mudah karena Peneliti termasuk salah satu tenaga pengajar di SD Negeri 4 Purwojati, sehingga Kepala Sekolah dan Guru-guru lainnya memberikan dukungan dalam melaksanakan Penelitian ini.
  1. 2.      Observasi dan wawancara
Kegiatan observasi dan wawancara dilakukan untuk mendapatkan gambaran awal mengenai kondisi dan situasi SD Negeri 4 Purwojati secara keseluruhan, terutama siswa Kelas II yang akan dijadikan sebagai subjek penelitian.
  1. 3.      Identifikasi Permasalahan
Kegiatan ini dimulai dari menelaah Kurikulum KTSP Mata Pelajaran Matematika Kelas II Sekolah Dasar, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator, Hasil belajar yang diinginkan, Materi ( pokok bahasan dan sub pokok bahasan ), dan buku sumber.
  1. 4.      Merumuskan Metode Pebelajaran dan alat peraga yang akan digunakan untk meningkatkan pemahaman siswa tehadap materi pembagian di Kelas II Sekolah Dasar
  2. 5.      Membuat rencana pembelajaran
  3. Menyusun teknik pemantauan pada setap tathapan penelitian.
 Pelaksanaan
Pelaksanaan penelitian disesuikan dengan rencana yang telah dibuat sebelumnya. Pelaksanaan tindakan teridiri dari proses belajar mengajar, evaluasi, dan refleksi yang dilakukan pada setiap siklusnya.
  1. Rancangan Penelitian
Secara lebih rinci rencana tindakan setiap siklusnya dapat diuraikan sebagai berikut :
  1. A.          Siklus I
Tindakan 1
Materi                             :     Pembagian
                                             – Ingatan pembagian
Media                             :     Buku Matematika kelas II
Pembelajaran                  :     Pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat dilanjutkan dengan penjelasan guru tentang materi pembagian dengan cara ingatan pembagian.
Evaluasi                          :     Dilakukan selama proses pembelajaran dalam bentuk LKS.
Tindakan 2                    
Evaluasi secara individu dengan materi yang sama pada tindakan 1
Tindakan 3                    
Tindakan 3 dilakukan apabila tingkat pemahaman siswa terhada materi yang diajarkan kurang dari 75%.
  1. B.           Siklus II
Tindakan 1
Materi                             :     Pembagian
                                             – Pembagian sebagai pengelompokan
Media                             :     Buku Matematika kelas II, makanan kecil, piring saji kecil, dan piring saji besar
Pembelajaran                  :     Pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat yang dilanjutkan dengan penjelasan guru tentang materi ajar dengan menggunakan alat peraga yang telah disediakan.
Evaluasi                          :     Dilakukan selama proses pembelajaran dalam bentuk LKS.
Tindakan 2                    
Evaluasi secara individu dengan materi yang sama pada tindakan 1
Tindakan 3                    
Tindakan 3 dilakukan apabila tingkat pemahaman siswa terhada materi yang diajarkan kurang dari 75%.
  1. C.          Siklus III
Tindakan 1
Materi                             :     Pembagian
                                             – Pembagian sebagai pengurangan berulang
Media                             :     Buku Matematika kelas II, klip kertas, pensil, dan kertas.
Pembelajaran                  :     Pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat yang dilanjutkan dengan penjelasan guru tentang materi dengan menggunakan alat bantu yang telah disediakan.
Evaluasi                          :     Dilakukan selama proses pembelajaran dalam bentuk LKS.
Tindakan 2                    
Evaluasi secara individu dengan materi yang sama pada tindakan 1
Tindakan 3                    
Tindakan 3 dilakukan apabila tingkat pemahaman siswa terhada materi yang diajarkan kurang dari 75%.
  1. D.          Siklus IV
Tindakan 1
Materi                             :     Pembagian
                                             – Pembagian sebagai kebalikan dari perkalian
Media                             :     Buku Matematika kelas II, pensil, dan kertas.
Pembelajaran                  :     Pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat yang dilanjutkan dengan penjelasan guru tentang materi dengan menggunakan alat bantu yang telah disediakan.
Evaluasi                          :     Dilakukan selama proses pembelajaran dalam bentuk LKS.
Tindakan 2                    
Materi                             :     Pembagian
                                             – Menyelesaikan soal cerita yang melibatkan pembagian
Media                             :     Buku Matematika kelas II, Klereng, dan plastik
Pembelajaran                  :     Pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat yang dilanjutkan dengan penjelasan guru tentang materi dengan menggunakan alat bantu yang telah disediakan.
Evaluasi                          :     Dilakukan selama proses pembelajaran dalam bentuk LKS.
Tindakan 3                    
Evaluasi secara individu dengan materi gabungan dari tindakan 1 dan tindakan 2.
Tindakan 3a
Tindakan 3a dilakukan apabila tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan pada tindakan 1 dan tindakan 2 kurang dari 75%.
 Jadwal Kegiatan Penelitian
Kegiatan
Waktu Pelaksanaan ( Bulan )
I
II
III
IV
V
Vi
Penyusunan laporan      
Pelaksanaan Siklus I
Tindakan 1
Tindakan 2
Tindakan 3
      
Pelaksanaan Siklus II
Tindakan 1
Tindakan 2
Tindakan 3
      
Pelaksanaan Siklus III
Tindakan 1
Tindakan 2
Tindakan 3
      
Pelaksanaan Siklus IV
Tindakan 1
Tindakan 2
Tindakan 3
Penyusunan dari hasil penelitian
      
Laporan hasil penelitian      
Daftar Pustaka
Bambang Sutrisno (2001), Terampil Berhitung Matematika Untuk SD Kelas II, Erlangga.
Igak Wardhani, Kuswaya Wihardit (2008), Penelitian Tindakan Kelas, Universitas Terbuka.
Prof. Dr. Mungin Edy Wibowo, M. Pd. Kons. (2008), Silabus Tematik Kelas II, Departemen Pendidikan Nasional.
 Lembar Pengesahan
1.      Judul                                 :     Pengingkatan kemampuan anak dalam pembagian dengan menggunakan alat peraga untuk siswa Kelas II Sekolah Dasar
2.      Identitas Peneliti               :
         Nama                                 :
         Tempat Tgl. Lahir             :
         Jabatan                              :     Guru
         Unit Kerja                         :     SD Negeri 4 Purwojati
3.      Lokasi Penelitian               :     SD Negeri 4 Purwojati
4.      Lama Penelitian                :     2  Bulan
5.      Biaya Penelitian                :     Swadana
                                                                                      Purwojati,  Januari 2014
                       Teman Sejawat,                                                  Peneliti,
                           ........................                                                        
               NIP.
Mengetahui,  Kepala SD Negeri 4 Purwojati,
.........................

0 komentar:

Posting Komentar

AGEN PENDAFTARAN KULIAH S1 DAN S2 MUDAH DAN MURAH SERTA JASA KONSULTASI DAN KETIK SKRIPSI TESIS DAN LAPORAN PKL SISWA HUB SIMBAH WURI http://raraswurimiswandaru.blogspot.com
Ingin widget ini?