Jumat, 23 Januari 2015

PROGRAM PEMUDA SARJANA PEMBANGUNAN DI PEDESAAN

PROGRAM PEMUDA SARJANA PEMBANGUNAN DI PEDESAAN
 ( PSP-3 )
    
Progam PSP3 ini dikembangkan dengan  tujuan untuk mengakselerasikan pembangunan melalui peran kepeloporan pemuda dalam berbagai aktivitas kepemudaan. Aktivitas tersebut secara langsung harus berpengaruh terhadap dinamisasi kehidupan pemuda desa, Pengembangan potensi sumber daya kepemudaan, dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan pemuda dan masyarakat desa. Hal tersebut juga sebagai upaya menumbuh-kembangkan kepeloporan dan kemandirian para pemuda. Melalui progam PSP3 ini, diharapkan akan dapat memperteguh komitmen para pemuda sarjana untuk membangun kepemudaan desa. Progam ini diharapkan menjadikan desa sebagai pusat pertumbuhan yang dapat memperbaiki taraf kehidupan masyarakat yang lebih baik dimasa depan. Komitmen ini penting sebagai bagian dalam mengurangi penumpukan SDM berpendidikan tinggi di perkotaan. Pada gilirannya, pemuda desa dampingannya bangkit melakukan kegiatan inovasi dan produktif, sehingga desa menjadi inspirasi pembaharuan dan perubahan secara nasional.

Progam PSP3 merupakan salah satu progam pengembangan kepeloporan pemuda dalam meningkatkan peran sertanya ditengah masyarakat dalam mendinamisasi perubahan dan pembaharuan melalui pembangunan pedesaan. Melalui progam ini diharapkan PSP3 dapat menjadi pelopor dalam menggerakan masyarakat, khususnya pemuda di Pedesaan untuk mengubah orientasinya dari pencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja. Termasuk melakukan inovasi dan mengakses sumber kemajuan, serta meningkatkan kinerja pelayanan publik Pemerintahan Desa dalam rangka memandirikan dan mensejahterakan masyarakat desa.



  1. B.VISI dan MISI Progam PSP3

  1. 1.VISI
Menjadi progam unggulan dalam membentuk pemuda Indonesia yang mandiri dan berdaya saing.

  1. 2.MISI
    1. a.Meningkatkan wawasan dan sikap, serta perilaku kebangsaan pemuda di Pedesaan.
    2. b.Mengembangkan kapasitas pemuda berpendidikan tinggi yang memiliki karakter kepemimpinan, kepeloporan dan kesukarelawanan untuk menggerakkan berbagai potensi di Pedesaan untuk kesejahteraan Masyarakat.
    3. c.Meningkatkan partisipasi masyarakat, khususnya kaum pemuda bidang layanan keuangan dan informasi melalui peran inisiasi, fasilitasidan
pendampingan implementasi progam-progam pembangunan di Pedesaan.
  1. d.Mengembangkan kemandirian pemuda melalui rintisan lembaga permodalan pemuda dalam merespon tantangan pembangunan di Pedesaan.
  2. e.Mengenalkan dan mengembangkan masyarakat dan pemuda dalamdanpengelolaan teknologi informasi.


  1. C.Tujuan Progam PSP3

  1. Memfasilitasi pemuda berpendidikan dalam meningkatkan pengetahuan, wawasan, sikap, dan ketrampilannya untuk menggerakkan pembangunan di Pedesaan.
  2. Memberikan kontribusi dalam pembangunan di Pedesaan dalam rangka meningkatkan produktivitas ( terutama komunitas muda ).
  3. Menggerakan potensi sumberdaya masyarakat terutama pemuda sebagai aset dalam rangka mendorong dan mempercepat proses pembangunan di Pedesaan.
  4. Menumbuhkembangkan budaya kerja yang produktif dan inovatif dengan prinsip kebersamaan, kekeluargaan, keberagaman dan nilai – nilai kebangsaan.
  5. Merintis dan mengembangkan lembaga keuangan mikro dalam menunjang kegiatan ekonomi masyarakat dan sekaligus dapat menjadi cikal bakal bagi pendirian lembaga permodalan kewirausahaan pemuda.
  6. Mewujudkan kerjasama dan jaringan kerja antar para pihak dalam rangka mempercepat pembangunan di Pedesaan.
  7. Memastikan proses pembelajaran dalam masyarakat informasi, atau menjadikan sarana dan prasarana teknologi komunikasi dan informasi sebagai media yang mendukung produktifitas dan nasionalisme.

0 komentar:

Posting Komentar

AGEN PENDAFTARAN KULIAH S1 DAN S2 MUDAH DAN MURAH SERTA JASA KONSULTASI DAN KETIK SKRIPSI TESIS DAN LAPORAN PKL SISWA HUB SIMBAH WURI http://raraswurimiswandaru.blogspot.com
Ingin widget ini?