Jumat, 03 Oktober 2014

Cara Membuat Ragi Tape Sendiri

Bahan - Bahan


150 gr tape nasi
100 gr tepung beras
50 gr gula halus


Cara Pembuatannya :

Cara Membuat:

  1. Blender tape nasi hingga halus, keluarkan tape yang sudah di blender dan masukkan kedalam mangkok.
  2. Tuangkan tepung beras sedikit demi sedikit hingga habis kedalam mangkok yang berisi tape yang sudah di blender, aduk2 hingga tercampur rata.
  3. Masukkan juga gula pasir sedikit demi sedikit hingga habis, aduk2 hingga adonan bercampur rata dan kental seperti pasta.
  4. Ambil satu sendok kecil, tuangkan diatas nampan yang bersih...lakukan hingga semua adonan dicetak bulat tipis diatas nampan. Jemur dibawah sinar matahari siang hari, jika sehari sudah terlihat kering balik permukaan ragi tape agar bagian bawahnya cepat mengering. Kira2 selama 2-3 hari akan mengering sempurna.
  5. Lakukan uji coba/percobaan kembali dengan membuat tape nasi dari ragi tape hasil eksperimen diatas. Dan hasil eksperimen akan bisa dibilang sukses bila nasi yang ditaburi ragi tape hasil percobaan diatas berhasil menjadi tape nasi setelah 3 hari perlakuan.


Catatan

- Karena ini hasil uji coba saya, dan alhamdulillah berhasil. Saya tidak menjanjikan apa2...jika ada yang ingin mencoba menguji coba juga hasil karya saya ini. Kemungkinan itu akan selalu ada, entah sukses atau bisa gagal...yang pasti tak usah kuatir dan tetap semangat untuk mencoba melakukan sesuatu yang bermanfaat.
- Uji coba saya diatas masih untuk mencoba buat tape nasi kembali, belum saya uji cobakan dalam pembuatan tape ketan dan tape singkong. Insa Allah dalam minggu2 ini ragi tape buatan saya diatas akan saya coba untuk membuat tape ketan atau tape singkong,

0 komentar:

Posting Komentar

AGEN PENDAFTARAN KULIAH S1 DAN S2 MUDAH DAN MURAH SERTA JASA KONSULTASI DAN KETIK SKRIPSI TESIS DAN LAPORAN PKL SISWA HUB SIMBAH WURI http://raraswurimiswandaru.blogspot.com
Ingin widget ini?